BOLMORA.COM
BERITA BOLMONG RAYA

Bupati Minta Sangadi Lebih Proaktif Tagih PBB

“PBB merupakan salah satu sumber PAD yang harus ditingkatkan. Olehnya saya minta agar seluruh sangadi lebih proaktif lagi dalam melakukan penagihan. Segera jemput bola, jangan hanya menunggu,”

0 20

BOLMORA, BOLMONG – Seluruh sangadi (kepala desa,red) diminta lebih proaktif melakukan penagihan Pajak Bumi dan bangunan (PBB) di masing-masing wilayahnya. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Kabupaten Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, belum lama ini.

“PBB merupakan salah satu sumber PAD yang harus ditingkatkan. Olehnya saya minta agar seluruh sangadi lebih proaktif lagi dalam melakukan penagihan. Segera jemput bola, jangan hanya menunggu,” imbuh Yasti.

Diketahui, data realisasi PBB Pemkab Bolmong per tanggal 25 Agustus tahun 2017 baru mencapai 9,30 persen.

Menurut Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bolmong Chandra Mokoginta, untuk pajak perkotaan baru 0,19 persen, sedangkan untuk pedesaan baru 9,50 persen.

“Jika dihitung nominalnya, untuk perkotaan baru berkisar Rp54.292.000, dan pedesaan sudah Rp123.461.367,” ungkap Chandra, saat ditemui Senin (4/9/2017).

Dikatakan, biasanya realisasi PPB baru bisa kelihatan pembayarannya ketika memasuki akhir tahun.

“Untuk saat ini memang nominalnya masih sangat kecil, tapi biasanya memasuki akhir bulan baru realisasinya akan kelihatan meningkat. Sebab, penyetoran PBB biasanya dilakukan pada triulan IV,” pungkas Chandra.(gnm)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.