BOLMORA.COM
BERITA BOLMONG RAYA

Pemkab Bolmut Gelar Prosesi Adat “Mobohabaru Idul Adha”

Prosesi adat tradisional Bolmut tersebut, kali ini dipercayakan kepada lembaga adat Bintauna sebagai penyelengaranya

0 105

BOLMORA, BOLMUT – Jelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, di Kabupaten Bolmut  sering ditandai dengan prosesi adat Mopohabaru (Memberi pesan). Prosesi adat ini seperti biasanya dilaksanakan di kediaman bupati.

Prosesi adat tradisional Bolmut tersebut, kali ini dipercayakan kepada lembaga adat Bintauna sebagai penyelengaranya. Dengan mengunakan bahasa adat Bintauna, para pemangku adat menyampaikan kabar baik tentang datangnya hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijja 1438 Hijriah, yang jatuh pada Jumat 1 September 2017 masehi. Selain itu, dalam prosesi ini turut diumumkan terkait lokasi pelaksanaan Shalat Ied, yang seperti tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di lapangan Kembar Boroko, Kecamatan Kaidipang, dan sesuai hasil kesepakatan menunjuk Khotib Mimbar Hi. Abdullah Diu, Imam Hi. Usman Tahir, serta Bilal Ishak Misaala.

Sementara itu, Bupati Depri Pontoh memberikan apresiasi kepada Aliansi Lembaga Adat Bolmut yang telah melaksanakan ritual adat peninggalan leluhur Bolmut.

Menurutnya, untuk memeriahkan perayaan Idul Adha, maka pada malam takbiran sebagai bagian dari syiar agama, akan dilaksanakan secara serentak di masing-masing Kecamatan.

“Penentuan hari jatuhnya pelaksanaan Shalat Ied Idul Adha 1438 Hijriah sudah ditentukan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenang lewat sidang Isbat yang digelar belum lama ini, dan prosesi adat ini adalah sebuah ritual tradisional yang sengaja kita lestarikan sampai saat ini,” ujar Depri.

Orang nomor satu di Bolmut ini pun berharap kepada masyarakat khususnya umat muslim agar bisa memaknai peringatan Idul Adha.

“Mari kita mendoakan agar saudara, keluarga, orangtua kita yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci dapat diberi kelancaran dan kesehatan, sehingga bisa meraih haji mambrur serta kembali ke tanah air tanpa kurang satu apa pun,” imbuhnya.

Pelaksanaan Mopohabaru ini pun turut dihadiri Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, para Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Kemenag Bolmut, para camat, sangadi dan tokoh adat se-Kabupaten Bolmut.(irf)

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.