Regional

Gubernur Sulut Sosialisasi Permen Desa Tahun 2016 di Pemda Bolmong

BOLMORA, BOLMONG – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE. bersama jajarannya kembali melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (07/06/2017).

Kunjungan kerja kali ini dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Menteri Desa Nomor 22 Tahun 2016, tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2017.

Kegiatan ini dipusatkan di Rumah Dinas Bupati, Desa Lalow Kecamatan Lolak, dan dihadiri oleh seluruh kepala desa dan tim pendamping se-Kabupaten Bolmong.

Dalam sambutannya, gubernur menyampaikan bahwa program Dandes merupakan program pemerintah pusat yang dianggarkan oleh Negara.

“ Program Dandes merupakan bagian dari program Nawacita yang dianggarkan Negara dan dicanangkan secara nasional oleh Presiden Republik Indonesia, “ terang gubernur.

Lanjutnya, bahwa penyaluran dana desa dilakukan secara langsung, dan dikelola oleh pemerintah desa se-Indonesia. Adapun maksud dan tujuan pemerintah yakni lebih pada tatakelola pembagunan berbasis pedesaan dengan target mensejahteraan rakyat.

Gubernur bahkan meminta kepada para kepala desa agar dapat melaksanakan dan menjalankan program dengan sebaik-baiknya. Serta mampu membawa perubahan dalam pembangunan kemasyarakatan, khususnya dilingkup pedesaan.

Dijelaskannya pula, sesuai dengan ketentuan aturan main, pencairan Dandes tahap awal akan dicairkan pada Bulan Maret sebesar enam puluh persen, dan tahap kedua sebesar empat puluh persen pada bulan agustus.

Diketahui, tahun 2016 lalu Kabupaten Bolmong mengelola Dandes sebesar Rp. 119 Miliar. Oleh karena itu, Olly berharap kepada seluruh Kepala Desa (sangadi) agar sungguh-sungguh menjalankan program dandes, serta saling berkerja bersama-sama sebagai agen pemerintah pusat untuk membawa perubahan menejehaterakan masyarakat  di Sulawesi Utara yang lebih hebat kedepannya, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow  Adrianus Nixon Watung, SH merasa bangga akan perhatian gubernur yang sudah sekian kalinya melakukan kunjungan kerja di Bolmong.

“ Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan kerja untuk sekian kalinya di wilayah totabuan ini, menurut saya ini adalah langkah sebagai mewujudkan kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi sampai ditingkatan daerah sehingga target dalam mensejehaterakan masyarakat dapat terkoordinasi dengan baik. Tutupnya.

Dalam kunjungan tersebut gubernur juga menyerahkan bantuan alat pendukung pertanian kepada kelompok-kelompok tani Bolmong. Turut hadir mendampingi sederet jajaran perangkat daerah Provinsi Sulawesi Utara, seluruh pimpinan perangkat daerah Kabupaten Bolmong, Sekretaris Daerah Drs. Ashari Sugeha, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling,SE.MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) DR. Albert Tangkere, serta seluruh Camat di 15 Kecamatan. (Hms/Wdy)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button