BOLMORA.COM
BERITA BOLMONG RAYA

Media Online Tak Jelas Akan Ditertibkan

0 21

BOLMORA, NASIONAL – Guna menanggulangi penyebaran berita hoax dan menyesatkan publik yang sering disebarkan oleh media online tak jelas atau abal-abal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Dewan Pers akan menertibkan media-media online yang tidak memiliki identitas jelas. Hal itu ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, pada deklarasi Masyarakat Anti Hoax, di Jakarta, Minggu (8/1/2016) kemarin.

“Berdasarkan data Dewan Pers ada sekitar 40.000 yang mengklaim sebagai media online, tapi yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers sebagai media yang sebenarnya tak lebih dari 300. Ini yang akan ditertibkan,” kata Rudiantara.

Meski demikan, Rudiantara enggan menyebutkan nama-nama media yang termasuk kategori tidak jelas itu. Namun, ciri dari media tidak jelas itu salah satunya adalah ketidakjelasan nama dan identitas jajaran redaksi.

“Kesejahteraan jurnalis yang tak terjamin di media-media semacam itu juga menjadi alasan kami untuk menertibkannya, ” tandasnya.

Baru-baru ini Kominfo telah memblokir 11 situs yang dianggap melemparkan provokasi berbau SARA.

Dari data yang diterima, sekitar 90 persen atau 767.888 situs pornografi juga sudah diblokir oleh Kominfo sepanjang tahun 2016. Kominfo juga sudah memblokir konten perjudian sebanyak 3.755 situs.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax Septiaji Eko Nugroho mengatakan, deklarasi Masyarakat Anti Hoax bertujuan mengonsolidasikan kekuatan relawan dan masyarakat untuk menangkal berita-berita hoax yang membahayakan publik.

Bukti kongkrit berita palsu yang membahayakan publik adalah hoax yang memicu perusakan tempat ibadah di Tanjung Balai tahun lalu.

“Kami bukan gerakan partisan, kami akan kerja sama dengan berbagai pihak dari beragam afiliasi politik dan agama untuk menangkal hoax,” cetus Septiaji.

Sumber CNN Indonesia.com 

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.