Kotamobagu

31 Desember, PAD di Seluruh SKPD Harus 100 %

Pemkot Optimis Capai Target PAD, Bahkan Lebih

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Meski sudah mendekati target yang telah ditetapkan, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus memaksimalkan capain Pendapatan Asli Daerah (PAD) di semua sektor.

Memasuki kuartal ke-IV, realisasi pajak masing-masing SKPD rata-rata dikisaran 60-70 persen dari target yang ditetapkan. Berdasarkan data dari Dinas Pendapatan Pengelolan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) per 27 Oktober  2016 menunjukkan realisasi PAD sudah berada diangka Rp32.244 miliar lebih, dari target Rp42.656 miliar.

Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu Tahlis Gallang  mengatakan, akan terus mengupayakan, dan bahkan melakukan evaluasi kinerja kepada seluruh jajaran SKPD terkait PAD yang dibebankan.

“Ibu Wali Kota telah menegaskan agar capaian PAD di semua SKPD sudah harus 100 persen sebelum 31 Desember,” kata mantan Sekda Bolsel ini.

Menurutnya, Pemkot sendiri optimis jika pada tahun anggaran 2016 target PAD bisa capai 100 persen, bahkan lebih. Sebab tercatat dari target Rp42.656  miliar, kini sudah mencapai diangka Rp31.244 miliar.

“Kita optimis PAD 2016 akan mencapai target, karena untuk hasil PAD per 27 November saja sudah mencapai 75.59 persen. Selain itu, ada pajak yang sudah masuk tapi belum tercatat,” urainya.

Berdasarkan data, Pajak Restoran tercatat sebagai penyumbang terbesar. Tidak hanya itu. Pemasukan dari Pajak Restoran bahkan telah melampaui beban target yang ada. Setoran yang masuk per 27 Oktober 2016 saja, sudah sebesar Rp1,098 miliar lebih. Padahal, PAD yang ditargetkan hanya Rp1,050 miliar, atau sudah terealisasi hingga 104,66 persen. Dan penyumbang terbesar lainnya adalah Retribusi Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu. Sampai akhir September, PAD dari pos atau sumber pendapatan ini sudah menyentuh angka Rp2,006 miliar lebih dari target sebesar Rp2,160 miliar.(me2t)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button